Sabtu , Juli 20 2019
Home / Nasehat / DAKWAH / Kebesaran Allah Ada Pada Madu ?
Kebesaran Allah Ada Pada Madu ?

Kebesaran Allah Ada Pada Madu ?

Siapa yang tidak kenal dengan madu? hampir semua orang dapat mengenalinya dari bentuk yang kental dan rasanya yang manis. Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah yang diperoleh dari nektar bunga. Selain itu terdapat kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Warna dan aroma  yang beraneka ragam menambah keunikan tersendiri. Sumber warna dan rasa yang dihasilkan tergantung pada sumber nektar yang diperoleh lebah. Banyak khasiat yang begitu menakjubkan bagi kesehatan tubuh manusia. Kandungannya yang baik bagi kulit dan dapat digunakan sebagai bahan kosmetika.

Berbagai riset ilmiah tentang manfaat kandungan madu, gula fruktosa dalam madu sangat baik untuk metabolisme tubuh. Selain itu khasiatnya dapat dijadikan obat penyembuh luka, merangsang pertumbuhan jaringan tubuh, mencegah dehidrasi serta dapat menurunkan gula dan kolesterol dalam darah.

Manfaat yang terkandung bagi kesehatan tubuh manusia ternyata sejak dulu telah disampaikan Al Quran dan Al Hadist. Berbagai pembuktian baik studi secara empiris maupun penelitian modern telah dilakukan oleh pakar kesehatan dan ahli gizi.

Madu sebagai obat penyembuh bermacam penyakit merupakan suatu pembuktian kebenaran ayat Al Quran dan Al Hadist yang harus diyakini.

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (QS. An-Nahl : 69).

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ خِدَاشٍ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ زَكَرِيَّاءَ الْقُرَشِيُّ حَدَّثَنَا الزُّبَيْرُ بْنُ سَعِيدٍ الْهَاشِمِيُّ عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ سَالِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَعِقَ الْعَسَلَ ثَلَاثَ غَدَوَاتٍ كُلَّ شَهْرٍ لَمْ يُصِبْهُ عَظِيمٌ مِنْ الْبَلَاءِ

Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Khidasy telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Zakaria Al Qurasyi telah menceritakan kepada kami Az Zubair bin Sa’id Al Hasyimi dari Abdul Hamid bin Salim dari Abu Hurairah dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa minum madu dalam tiga pagi (tiga kali) dalam setiap bulannya, maka ia tidak akan ditimpa bala’ (penyakit) yang berat” (Ibnu Majah 3441).

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْكُمْ بِالشِّفَاءَيْنِ الْعَسَلِ وَالْقُرْآنِ

Telah menceritakan kepada kami Ali bin Salamah telah menceritakan kepada kami Zaid bin Al Hubbab telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Abu Ishaq dari Abu Al Ahwash dari Abdullah dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Gunakanlah dua jenis terapi penyembuhan; madu dan Al Qur’an” (Ibnu Majah : 3443).

Begitu banyak keutamaan dari madu dan beberapa ayat di Al Qur’an banyak menjelaskan bahwa madu menjadi salah satu kenikmatan di Surga. Sungai Madu yang terdapat di surga merupakan nikmat atau balasan bagi umat islam yang beriman, seperti diterangkan dalam Al Qur’an :

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ ۖ فِيهَا أَنْهَارٌ مِنْ مَاءٍ غَيْرِ آسِنٍ وَأَنْهَارٌ مِنْ لَبَنٍ لَمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهُ وَأَنْهَارٌ مِنْ خَمْرٍ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ وَأَنْهَارٌ مِنْ عَسَلٍ مُصَفًّى ۖ … الأية ْ

“Gambaran tentang Jannah (Surga) yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring;…..”(Qs. Muhammad: 15).

Jadikan Madu Sebagai Obat Penyembuh

Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi madu yang sangat baik untuk kesehatan. Selain mendapatkan rasa nikmat pada saat mengkonsumsi,  kita juga mendapat pahala karena menjaga nikmat sehat tubuh dengan menerapkan sunah. Ingat Madu merupakan obat yang menyembuhkan bagi kita.

Semoga bermanfaat. fka

Penanggung Jawab Artikel :

Nama : Ust. H. Yulianto Nugroho

 

Ust. H. Yulianto Nugroho

 

 

         

About fika nur adhini

Check Also

LDII Sumbar dukung upaya pemberantasan narkoba hingga tingkat nagari

  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia mendukung upaya pemberantasan narkoba atau sejenisnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.