Sabtu , September 21 2019
Home / Nasehat / ANAK MUDA BICARA / Menikah Muda Karena Mencari Ridho Ilahi

Menikah Muda Karena Mencari Ridho Ilahi

dr.Hj.Tanya Ramadhani bersama suami dr. Achmad Mustika dengan buah hati mereka
dr.Hj.Tanya Ramadhani bersama sang suami dr. Achmad Mustika dengan buah hati mereka

Menikah muda menjadi fenomena tersendiri, mengingat pernikahan di usia yang masih muda akan menimbulkan permasalahan yang sangat kompleks. Dimana pasangan muda biasanya belum terlalu matang dalam emosi dan dari segi materi.
Namun hal ini mampu dimentahkan oleh dr.Hj. Tanya Ramadhani (24), lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ini. Sudah memantapkan hatinya untuk mengambil keputusan menikah di usia yang relatif terbilang masih sangat muda. Umur 19 tahun menjadi langkah awal baginya untuk memulai membangun rumah tangga dengan dr. Achmad Mustika yang saat ini melanjutkan studi Spesialis Anestesi di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK-UGM).

Di saat teman-teman seusianya masih sibuk dengan pendidikan dan masa muda mereka, dirinya malah memilih untuk menikah. Tanpa mengenyampingkan kewajibannya sebagai seorang mahasiswi, ketika masih menjalani kuliah.

Ia berpandangan bahwa menikah adalah menyempurnakan ibadah dan agama Allah. Baginya menikah merupakan langkah kongkrit untuk melindungi dan menjauhkan diri dari pelanggaran antara lawan jenis yang berujung pada perzinaan.

Sesuai dengan Hadits Ibnu Mas’ud, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

“Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian telah mampu serta berkeinginan untuk menikah, maka hendaklah ia menikah. Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Dan barangsiapa tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu dapat menjadi tameng baginya (melemahkan syahwat).”

Pilihan tersebut bukannya tanpa rintangan dan pertanyaan dari berbai pihak.Banyak diantara teman, sahabat bahkan keluarga besar yang mempertanyakan keputusannya untuk menikah di usia yang muda.

Namun baginya menikah bukanlah soal umur, tapi lebih kepada perwujudan niat baik untuk memperbaiki diri serta mencari Ridho Allah SWT.

” Prinsipnya menikah adalah niat baik menyempurnakan agamanya Allah, dan insya allah akan dimudahkan segala urusannya, selalu berhusnuzzanbillah kepada Allah serta percaya pada janjinya Allah bahwa dengan menikah maka dibukakan pintu rezki dan dilancarkan setiap perkaranya.”

Tepatnya pada 1 Agustus 2010 bertempat di kediamannya Komplek Polamas Blok W No. 3. Tanya Ramdhani melangsungkan pernikahan yang menjadi momentum awal baginya untuk memulai babak baru dalam kehidupannya sebagai seorang istri.

“Keridhoan kedua orang tua memantapkan hatinya untuk menikah muda, karena hakikinya menikah bukan hanya antar ia dan pasangannya, melainkan antar kedua keluarga sehingga restu kedua orang tua menjadi syarat mutlak yang wajib dikantongi”,ungkapnya.
Banyak paradigma yang muncul di tengah masyarakat bahwa menikah di usia muda akan menimbulkan keribetan, membatasi pergaulan, terkukung untuk mengurusi rumah tangga. Namun setelah ia jalani ternyata menikah tidak sekompleks yang dibayangkan bahkan teramat menyenangkan.

“Saling melengkapi, mengingatkan dan belajar memahami antara satu dan lainnya adalah bagian yang membuatnya menjadi pribadi yang ingin lebih baik di setiap harinya. Itulah kunci menjalin hubungan rumahtangga di usia muda,”tuturnya.

Kini di usia pernikahan yang beranjak 5 tahun, ia telah dikaruniani oleh sepasang putra dan putri yang sangat menggemaskan. Pernikahan dini menjadikannya sebagai sosok ibu muda yang begitu memahami arti dari sebuah kesabaran. “Banyak belajar sabar” ungkapnya.

Sabar dalam memahami pola tingkah laku dan karakter masing-masing anggota keluarga. Sehingga ketika terjadi perbedaan atau masalah, ia bersama-sama untuk mencari jalan keluar dan solusi dari setiap masalah yang muncul.

Hal tersebut membuat sirinya dan keluarga menjadi begitu harmonis sebagai keluarga kecil nan bahagia karena tujuan awal menikah adalah untuk mendapatkan ridho Allah SWT.(bty)

         

About Admin

Check Also

Pesilat ASAD raih medali di Kejurnas SMI 2019

  Pesilat Persinas ASAD Ayatulloh Humaidi meraih medali perunggu dalam Kejurnas Satria Muda Indonesia (SMI) …

3 comments

  1. mantap… Ayo yang lain segera menyusul. Niati karena Allah untuk menjaga diri dari maksiat

  2. Alhamdllh smga jadi inspirasi yg bermanfaat bg semua

  3. Inilah pemikiran kaum muda yang modern menikah diusia muda supaya terhindar dari dosa berzina dan terus berkarya mencari inovasi baru disemua bidang keilmuan yang lebih bermanfaat bagi kemajuan bangsa , negara serta agama Oke guys teruslah berkarya demi masa depan yg lebih cerah untuk kehidupan diri sendiri , keluarga dan masyarakat pada umumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.