Sabtu , September 21 2019
Home / Nasehat / PARA ORANG TUA JADILAH SEPERTI LUQMAN

PARA ORANG TUA JADILAH SEPERTI LUQMAN

Peran serta orang tua dalam memberikan pendidikan agama secara langsung seperti memberikan nasehat agama, mengajarkan ngaji, dll sangatlah penting. Namun pada fenomena saat ini orang tua lebih mempercayakan pendidikan agama anak mereka kepada para ustadz, ustadzah atau guru agama. Tentunya hal ini tidak lah salah, namun keterlibatan orang tua secara langsung dalam memberikan dan membentuk aqidah dan keimanan seorang anak merupakan tanggung jawab dan kewajiban setiap orang tua.

Para orang tua tidak perlu bingung bagaimana cara memberikan pendidikan agama kepada anak, kita dapat mencontoh suri teladan Luqman dalam memberikan pendidikan agama kepada anak mereka. Dalam Al-Qur’an Luqman dijelaskan sebagai sosok orang tua yang sangat bersyukur dan sangat peduli terhadap pendidikan anaknya. Ia selalu memberikan tausiyah dan nasehat agama, karena melalui nasehat tersebut dapat membentuk keimanan dan akhlak seorang anak.

Pada surat Luqman dijelaskan bagiamana cara Luqman dalam mendidik anaknya. Melalui nasehat agama, Ia mendidik anaknya agar selalu beriman kepada Allah dan memiliki akhlak yang mulia. Berikut nasehat-nasehat agama yang Luqman berikan kepada anaknya

1. Luqman mengingatkan anaknya untuk tidak mempersekutukan Allah, karena mempersekutukan Allah merupakan dosa yang sangat besar.

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. (QS. Luqman :13).

2. Luqman mengingatkan anaknya, bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan pasti akan ada balasannya sebab Allah maha mengetahui setiap perbuatan yang telah hambanya lakukan.

يَابُنَيَّ إِنَّهَا إِنْ تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ فَتَكُنْ فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَوَاتِ أَوْ فِي الْأَرْضِ يَأْتِ بِهَا اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ

(Luqman berkata): “Hai anakku, Sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui. (QS. Luqman : 16)

3. Luqman mengajak anaknya agar selalu mendirikan shalat, mengerjakan hal-hal yang baik dan menjauhi perbuatan yang mungkar serta bersabar dalam menghadapi setiap cobaan yang menimpa.

يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu Termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Luqman : 17)

Ingatlah para orang tua, Anak merupakan suatu amanah yang diberikan Allah kepada kita dalam  Surat Asy Sura Allah berfirman :

لِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ يَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ إِنَاثًا وَيَهَبُ لِمَنْ يَشَاءُ الذُّكُورَ (49) أَوْ يُزَوِّجُهُمْ ذُكْرَانًا وَإِنَاثًا {الشورى: 49-50}

“Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya), dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa” (QS. Asy Syura: 49-50).

Allah akan menganugerahkan anak kepada siapa yang ia kehendaki, inilah amananah yang diberikan kepada Allah kepada para orang tua. Didiklah mereka dengan ilmu agama dan jadikanlah anak tersebut menjadi orang yang ber-Aqhlaul Karimah, Paham Ilmu agama dan Mandiri. (agl)

Penanggung Jawab Artikel :

arofah-294x300Nama : Ust. H. Noer Hidayatulloh (H. Arofah Almubarok) 

Email : h.noerhidayatulloh354@gmail.com

         

About Agung Novrianto

Check Also

Pesilat ASAD raih medali di Kejurnas SMI 2019

  Pesilat Persinas ASAD Ayatulloh Humaidi meraih medali perunggu dalam Kejurnas Satria Muda Indonesia (SMI) …

One comment

  1. Peran orang tua memang sangat penting bagi keberhasilan anak untuk menjadi pribadi yang baik di masa depan . Like this article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.