Sabtu , Juli 20 2019
Home / organisasi / Polda Sumbar harapkan mubaligh LDII jadi penyejuk di tengah masyarakat
Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Prof Abdullah Syam memberikan cinderamata kepada Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Damisnur selepas pembukaan Pelatihan Da'i Kamtibmas d Kota Padang, Rabu (6/2)

Polda Sumbar harapkan mubaligh LDII jadi penyejuk di tengah masyarakat

Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Prof Abdullah Syam memberikan cinderamata kepada Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Damisnur selepas pembukaan Pelatihan Da’i Kamtibmas d Kota Padang, Rabu (6/2)

Padang, 12/2 – Wakapolda Sumatera Barat Brigjen Pol Damisnur mengatakan pihaknya mengharapkan mubaligh serta mubalighot DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumbar mampu menjadi penyejuk di tengah-tengah masyarakat karena mereka telah dibekali pelatihan Dai Kamtibmas.

“Kami berharap seluruh materi yang diberikan pemateri baik dari kepolisian, kementerian keagamaan dan pihak lainnya mampu membekali para mubaligh serta mubalighot LDII memberikan angin segar kepada masyarakat terutama menjelang pesta demokrasi ini,” kata dia di Padang, Rabu.

Menurut dia Pelatihan Dai Kamtibmas yang diprakarsai DPW LDII Sumatera Barat ini selain bertujuan membekali pengetahuan para mubalight juga mengajak mereka berperan dalam menciptakan suasana penuh kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air. 

 

Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Damisnur memberikan arahan kepada ratusan peserta Pelatihan Dai Kamtibmas yang diprakarsai oleh LDII Sumbar

Harapannya, dengan pelatihan ini para dai nantinya mampu menjadi penengah di saat mulai memanasnya situasi menjelang pemungutan suara pada April nanti. Menurut dia menjelang puncak pelaksanaan pemilu tentu kegiatan politik semakin masiv bahkan dapat menimbulkan pergesekan terutama pada kelompok partisipan pemilu, 

Dirinya mengapresiasi langkah yang diambil oleh DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumbar yang membuat kegiatan ini dan mengambil peran dalam menjaga suasana kamtibmas tetap terjaga dengan baik di Sumatera Barat

“Kami berharap ilmu yang didapatkan ini mampu menjadi modal para dai dalam berdakwah di tengah masyarakat, bekal ini juga dapat diaplikasikan kepada jamaah mereka baik di masjid, surau, lingkungan masyarakat dan lainnya sehingga situasi Sumbar tetap terjaga dengan baik karena peranan para dai tersebut,” kata dia.

Ia meminta para mubaligh yang mengikuti latihan dapat menyerap ilmu yang diberikan sehingga menambah wawasan dan menjadi pedoman dalam mengaplikasikan kepada masytarakat.

“Selepas pelatihan ini kami berharap para mubaligh langsung turun ke masyarakat dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya keamanan dan ketertiban masyarakat yang menjadi modal persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” kata dia.

Sementara Ketua DPP LDII Prof Abdullah Syam mengapresiasi langkah Polda Sumbar yang memfasilitasi pihaknya dalam mengedukasi para mubaligh dan mubalighot yang berasal dari kota dan kabupaten di daerah itu.

“Kami berterima kasih kepada Polda Sumbar yang memfasilitasi kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan kami menekankan kepada peserta agar dapat menyerap ilmu yang diberikan dan mengaplikasikan langsung kepada masyarakat,” kata dia.

 

Sekretaris DPW LDII Sumbar M Ari Sulthoni memberikan cinderamata kepada Direktur Binmas Polda Sumbar Kombes Pol Nasrun Fahmi yang menjadi salah satu pembicara dalam Pelatihan Dai Kamtibmas angkatan ke-II tersebut.

DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumatera Barat bekerja sama dengan Polda Sumbar menggelar kegiatan Pelatihan Dai Kamtibmas angkata ke-II yang digelar di Gedung Pertemuan Kaharuddin Dt Rangkayo Basa Kota Padang pada Rabu (6/2) lalu.

Kegiatan tersebut diikuti 210 mubaligh dan mubaligot serta pengurus DPD LDII dari dari kota dan kabupaten di Sumatera Barat. Mereka diberikan materi langsung oleh Direktur Binmas Polda Sumbar, Dit Intelkam Polda Sumbar, tokoh agama Maigus Nasir, Ketua Dai Kamtibmas Nasional dan lainnya.

Wakil Ketua DPW LDII Sumbar H Bustari Badal (kiri) bersama H Ahmad Nasir (kanan) berfoto bersama dua tokoh agama yang menjadi pemateri yaitu Buya Maigus Nasir dan H Noer Hidayatulloh dalam Pelatihan Dai Kamtibmas

Ketua DPW LDII Sumbar Prof Jamsari mengatakan pihaknya berupaya mengedepankan konsep Green Dakwah yaitu bagaimana para ulama dan mubalig mampu memberikan dakwah yang menyejukkan bagi umat dan memperkuat ukuwah islamiyah. Dengan Green Dakwah tentu dengan sendirinya akan mendukung Kamtibmas.

“Kami terus berupaya untuk menjaga kamtibmas melalui dakwah yang baik dan menyejukkan umat. Sehingga meminimalkan terjadinya perpecahan terutama menjelang pemilu nanti,” ujarnya 

Menurut dia kegiatan ini merupakan salah satu program kerja LDII Sumbar yang bekerja sama dengan Polda Sumbar. Dalam kegiatan itu para dai akan dibekali secara khusus menjadi corong untuk mewujudkan kamtibmas di tengah masyarakat.

“Para mubalig akan dibekali secara khusus baik oleh Polda Sumbar dan Kanwil Kemenang bagaimana memberikan dakwah yang sejuk kepada masyarakat,” paparnya.

         

About Admin

Check Also

Polda Sumbar buat nota kesepahaman dengan LDII terkait pemeliharaan Kamtibmas

  Padang (Lines Sumbar)- Polda Sumatera Barat menjalin nota kesepahaman dengan DPW Lembaga Dakwah Islam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.