Sabtu , September 21 2019
Home / Artikel / KESEHATAN / Tidak Menular, Tapi Berbahaya!
Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Tidak Menular, Tapi Berbahaya!

Padang(01/11) Dokter Nusantara Wilayah Padang adakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga LDII sekota Padang. Kegiatan bertemakan “Tubuhku sehat, Ibadahku lancar” ini dilaksanakan di Mesjid Miftahul Huda, Lubuk Minturun, Padang.

Kegiatan ini dilatarbelakangi karena meningkatnya penderita penyakit tidak menular seperti diabetes mellitus dan hipertensi. Sangat jarang ada yang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Sehingga penyakit ini biasanya diketahui ketika sudah berada dalam tahap yang butuh perhatian. Padahal dampak buruknya dapat diminimalisir jika diketahui dalam tahap awal.

Pemeriksaan Kesehatan ini khusus untuk usia 40 tahun keatas atau yang berisiko
Pemeriksaan Kesehatan ini khusus untuk usia 40 tahun keatas atau yang berisiko

“Saat ini terjadi pergeseran penyakit dari penyakit menular ke penyakit tidak menular. Melihat kondisi ini, maka Kami mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis ini. Direncanakan kegiatan ini dilaksanakan rutin sekali dalam 3 bulan. Diharapkan nantinya kegiatan ini dapat menjaring atau mendeteksi secara dini penderita diabetes, hipertensi dan asam urat ” ungkap H. Muhammad Iqbal, S.Ked sebagai Ketua dokter nusantara wilayah padang.

Verdira Asihka, S. Ked, sekretaris pelaksana kegiatan ini, menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan ini dikhususkan untuk usia diatas 40 tahun atau yang mempunyai risiko. Pemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah, gula darah sewaktu, kolesterol, dan asam urat. Target peserta adalah 100 orang selama 3 jam pemeriksaan. Jika ada peserta yang mempunyai nilai pemeriksaan di atas normal, maka diberikan edukasi dan di anjurkan untuk segera berobat ke layanan kesehatan terdekat. Selain itu juga dibagikan leaflet seputar hipertensi dan diabetes mellitus sehingga mereka juga bisa berbagi informasi ini dengan orang lain.

Pemeriksaan ini menarik banyak perhatian terlihat dari antrian di beberapa waktu tertentu. Tidak sedikit warga yang datang tepat waktu agar tidak terlalu lama antri. Karena memang sebelumnya belum pernah diadakan kegiatan serupa ini.

dokter nusantara yang mengikuti event kali ini terdiri dari 2 orang dokter umum, 4 orang dokter muda, dan 2 orang mahasiswa kedokteran
dokter nusantara yang mengikuti event kali ini terdiri dari 2 orang dokter umum, 4 orang dokter muda, dan 2 orang mahasiswa kedokteran

“Ini kegiatan yang sangat bermanfaat. Biasanya untuk pemeriksaan seperti ini kan bayar. Sekarang pemeriksaan ini gratis dan juga bisa bertanya langsung pada dokternya” tutur Suryanita, salah seorang warga LDII yang juga ikut pemeriksaan ini. (ash)

         

About verdira asihka

Check Also

LDII Sumbar dukung upaya pemberantasan narkoba hingga tingkat nagari

  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia mendukung upaya pemberantasan narkoba atau sejenisnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.