Cegah Banjir dan Longsor, LDII Banjarnegara Tanam 5.000 Pohon

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Banjarnegara (29/3). Warga LDII Banjarnegara tampak bersemangat untuk mengikuti kegiatan simbolis penanaman pohon penghijauan di lingkungan Masjid Sulthon Aulia, Sokanandi, Banjarnegara, Minggu (19/3/2023). Kegiatan yang diselenggarakan sebagai wujud dari kampanye “Go Green” tersebut mengambil tema “Time For Nature. Kita Jaga Bumi, Bumi Jaga Kita”.

Sebanyak 5.000 tanaman keras disiapkan dalam Go Green tersebut terdiri dari tanaman kalbi, jabon, dan tanaman buah seperti manggis, alpukat, kelengkeng, duku, dan durian. Ketua DPD LDII Banjarnegara Ir Wahyuliyanto mengatakan, kegiatan penanaman pohon atau Go Green tersebut merupakan yang kedua kalinya. Wahyu menjelaskan, kegiatan Go Green selain merupakan program kerja tahunan DPD LDII Banjarnegara, juga termasuk dalam delapan klaster pengabdian LDII pada bangsa dan negara. Pihaknya juga mengungkapkan, program Go Green penting dilaksananakan mengingat kabupaten Banjarnegara termasuk dalam daerah rawan bencana longsor. “Perlu adanya penghijauan dan penanaman pohon di daerah rawan tersebut agar mencegah terjadinya bencana,” kata Wahyu.

Melalui kegiatan penanaman pohon dan penghijauan tersebut dapat mencegah kekeringan, tanah longsor, serta menjadikan daerah Banjarnegara lebih sejuk dan hijau. “Tanaman tersebut nantinya juga bisa diambil manfaatnya bagi warga baik pohonnya maupun buahnya,” ungkap Wahyu. Selanjutnya sebanyak 5.000 tanaman tersebut akan disebar ke semua kecamatan di Banjarnegara. Termasuk daerah skala prioritas rawan longsor dan kekeringan seperti Punggelan, Kalibening, Purwanegara, Wanayasa, Banjarmangu, Susukan, dan Pagentan.

Perwakilan DPKPLH Banjarnegara Hj. Suyamti mengucapan terima kasih kepada DPD LDII Banjarnegara yang telah berkontribusi nyata menyelamatkan lingkungan melalui kegiatan penghijauan. “Program “Go Green” DPD LDII Banjarnegara tepat sasaran sebab hampir 70 persen wilayah Banjarnegara merupakan daerah rawan banjir,” tuturnya. Sehingga dengan kegiatan penghijauan “Go Green” ini bisa mencegah bencana banjir dan juga tanah longsor di Banjarnegara. “Karena ada banyak pohon yang berakar kuat sehingga bisa menahan laju air hujan yang akhirnya meresap ke dalam tanah menjadi air tanah yang akan menjadi sumber mata air,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Kabupaten Banjarnegara, Lurah, Babinsa, dan Babhinkamtibmas Desa Sokanandi. (mar/ghoni)

Oleh: Ghoni Iman AG Jtg10.10 / s14fag (contributor) / Noni Mudjiani (editor)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pengurus LDII Bangko Silaturahim ke Polsek

Merangin (20/6). Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, PC LDII Kota Bangko Kab.Merangin melakukan silaturahim ke Polsek Kota Bangko Kab. Merangin. Kunjungan Ketua PC LDII Kota