CERDIK HADAPI PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM)

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

(Padang, 4/9) Forum Komunikasi Kesehatan Islam (FKKI) wilayah Padang bekerja sama dengan DPD LDII Kota Padang mengadakan penyuluhan kesehatan di Masjid Miftahul Jannah Anduring Kota Padang. Penyuluhan ini bertemakan kebiasaan CERDIK menuju masa muda sehat, hari tua nikmat tanpa PTM.

PTM (Penyakit Tidak Menular) adalah penyakit bukan disebabkan oleh infeksi kuman yang mana penyakit ini tergolong penyakit kronis degeneratif, antara lain penyakit jantung, diabetes melitus (DM), penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan serta tindak kekerasan. Angka kematian PTM meningkat dari 41,7 % pada tahun 1995 menjadi 59,5 % pada tahun 2007. Hal inilah yang mendasari FKKI Padang untuk menggelar penyuluhan PTM ini.

Materi disampaikan oleh dr. H. Bayu Perdana Putra. Dalam materinya, Bayu menjelaskan mengenai penyakit diabetes mellitus (sakit gula), penyakit hipertensi dan kolesterol serta kebiasaan CERDIK-nya, antara lain :

Cek kesehatan secara berkala. Periksakan tekanan darah, berat badan, dan kadar kolesterol ke puskesmas terdekat. Lakukan  secara rutin, misal sebulan atau dua bulan sekali.

Enyahkan asap rokok.

Rajin aktifitas fisik. Olahraga 30 menit dan lakukan dengan rutin dapat menurunkan risiko hipertensi.

Diet sehat dengan kalori seimbang. Makan makanan yang bervariasi dan kurangi makanan cepat saji atau makanan berpengawet.

Istirahat yang cukup, serta

Kelola stres dengan baik.

“Penyakit tidak menular seperti diabetes, kolesterol dan hipertensi tidak akan bisa menjadi sembuh sempurna tanpa obat. Penderita harus minum obat secara terkontrol. Bahkan bukan hanya penyakitnya saja yang berbahaya, namun komplikasi (akibat) dari penyakit ini jauh lebih berbahaya bahkan mematikan. Seperti stroke dan sakit jantung” jelas dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ini.

“Kesehatan adalah modal utama untuk beribadah khusyuk dan optimal. Untuk itulah sangat diperlu-perlukan menjaga kesehatan khususnya menjauhi penyakit tidak menular. Karena PTM sulit untuk diobati namun dapat dicegah dengan kebiasaan CERDIK. Jadi marilah lakukan kebiasaan CERDIK menuju masa muda sehat, hari tua nikmat agar dapat beribadah penuh semangat”, tutup Bayu.

Hal senada ditegaskan oleh Wakil Ketua DPD LDII Kota Padang, Ust. H. Nur Hidayatullah. Kesehatan tidak hanya dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas harian, namun tidak kalah penting bahwa kesehatan juga sangat berperan bagi orang iman terutama untuk mendukung aktivitas ibadah, seperti telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW, dalam riwayat hadist berikut :

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

“Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :

[1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,

[2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,

[3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,

[4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,

[5] Hidupmu sebelum datang kematianmu.”

(HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir (Ash).

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pererat Kekompakan, LDII Lampung Helat Gathering Kepemudaan

Pesawaran (19/2). Biro Kepemudaan, Kepanduan, Olahraga, Seni dan Budaya (PKOSB) DPW LDII Provinsi Lampung menghelat “Gathering Kepemudaan” degan tema “Tumbuhkan Kerukunan, Tingkatkan Kekompakan, Gelorakan Semangat