Hadapi Virus Corona DPP LDII Minta Warga Berhati-hati dan Antisipatif

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Jakarta (17/3). Setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus tersebut sebagai pandemi global, Pemerintah Republik Indonesia mengantisipasi penyebaran virus corona. Pemerintah meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Para pekerja diinstruksikan bekerja di rumah dan sekolah diliburkan. Sampai 16 Maret 2019, Achmad Yurianto, juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona mengatakan, jumlah pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia bertambah menjadi 134 orang. Dimana lima orang telah dinyatakan meninggal usai terserang virus corona.

Ketua Umum DPP LDII, Abdullah Syam mengatakan “Sehubungan dengan musibah penyebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, DPP LDII meminta warga LDII mengantisipasi virus corona dengan berdoa agar terus dijaga oleh Allah dan berpola hidup sehat,” . Menurutnya, perilaku hidup sehat harus dilaksanakan setiap individu dan dalam ingkungan keluarga serta aktif mengkampanyekan pada komunitas, yaitu antara lain dengan membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun, yang dibasuh dengan air mengalir. Abdullah Syam juga meminta warga LDII beristirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga keseimbangan gizi, minum air putih yang cukup serta menjaga kebugaran fisik dengan berolahraga yang cukup dan rutin. DPW, DPD, PC, dan PAC diminta untuk mendukung serta mengikuti arahan dan petunjuk Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19, termasuk dalam penyelenggaraan kegiatan dengan konsentrasi massa.

Setiap warga LDII diminta menghindari penyebarluasan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan (hoax) dan menghindari perilaku konsumtif berlebihan (panic buying). Abdullah Syam juga meminta agar DPW, DPD, PC dan PAC serta pengurus Pondok-Pondok Pesantren, DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) dan Majelis Taklim di lingkungan LDII, agar menyediakan peralatan kebersihan yang memadai seperti; sabun cair, hand sanitazer di masjid, musholla, dan tempat-tempat kegiatan LDII serta mengusahakan ketersediaan masker khusus bagi tamu yang sedang flu, bila ke pondok pesantren atau ke wisma tamu.

“Warga LDII dimanapun berada harus bahu membahu membersihkan masjid serta sarana ibadah lainnya, melakukan penyemprotan dengan disinfektan pada sarana ibadah, menggulung karpet serta membersihkan lantai masjid, musholla, dan tempat kegiatan secara berkala,” tambah Abdullah Syam.

Ketua DPW LDII Sumatera Barat M. Ari Sultoni, SH., MH mengajak masyarakat untuk ikut antisipasi virus korona (Covid-19) dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Apalagi bagi seorang muslim, kebersihan itu sebagian dari iman. Sudah sepatutnya sebagai orang beriman selalu menjaga kebersihan diri. Mulai dari meningkatkan intensitas cuci tangan, mandi dan sebagainya. Dia mengajak semua elemen bangsa, khususnya yang beragama Islam agar  senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT supaya dapat  terhindar dari musibah ini. Dapat dimulai dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah. Kemudian meninggalkan perilaku zalim, memperbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan. “Penyebaran virus korona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya,” kata Ari.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pererat Kekompakan, LDII Lampung Helat Gathering Kepemudaan

Pesawaran (19/2). Biro Kepemudaan, Kepanduan, Olahraga, Seni dan Budaya (PKOSB) DPW LDII Provinsi Lampung menghelat “Gathering Kepemudaan” degan tema “Tumbuhkan Kerukunan, Tingkatkan Kekompakan, Gelorakan Semangat