HANCUR DIRIMU JIKA TIDAK BERUBAH

Share to :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Barang siapa berbuat baik, sesungguhnya kebaikan itu untuk dirinya sendiri, dan jika berbuat jahat maka kejahatan itu untuk dirinya sendiri (Q.S. Al-Isra:7).

Dari Penggalan firman Allah di atas dapat diambil suatu pelajaran, yaitu perbanyaklah suatu kebaikan dengan cara melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendri dan orang lain. Lakukan hal yang tersebut dengan niat ibadah dan jangan sesekali mengharapkan balasan, sebab kebaikan tersebut akan memantulkan hasil baiknya. Semakin bayak kebaikan yang didasari niat ibadah, maka akan semakin banyak pahala dan keberkahan yang akan kita peroleh.

Dengan melakukan kebaikan, maka nasib seorang manusia pun akan baik. Sesuai dengan apa yang telah ia kerjakan. Allah tidak akan pernah merubah keadaan suatu kaum kecuali dengan syarat, Yaitu mereka harus mengambil jalan kebaikan untuk mengubah diri dan kehidupan mereka ke arah yang lebih baik dan apabila mereka memilih jalan kejelekan maka kejelekan akan menyertai kehidupan mereka. Sesuai dengan firman Allah berikut :

إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah suatu kaum sampai mereka mengubah diri mereka sendiri” “(Q.S. Ar-Ra’d:79)

Para Saudara Muslim, kita Bisa berubah dengan catatan kitalah yang akan mengubah diri kita sendiri.

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

“Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada sekali-kali pelindung bagi mereka selain Dia. “(Q.S. Ar-Ra’d:11)

Berdasarkan firman Allah di atas, jika kita ingin berubah, maka kita lah yang merubah diri kita sendiri. Maka Allah akan menghubah kita. Ayat ini merupakan motivasi untuk kita agar dapat merubah diri menjadi lebih baik, maka yang lain akan berubah atas bantuan Allah SWT. Lebih mudah merubah diri kita sendiri dari pada merubah orang lain.

Para saudara muslim baik atau buruknya suatu pebuatan yang telah kita perbuat, tidak akan merugikan dan menguntungkan Allah dan perlu kita ingat dan tanamkan segala perbuatan yang kita lakukan maka hasilnya akan kembali kepada kita sendiri. Jadikan Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai sumber motivasi bagi kita, untuk merubah diri kita ke arah lebih baik. (agl)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram