LDII Bentuk Proklim Sebagai Bentuk Kontribusi untuk Riau dan Bangsa

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pekanbaru, 12/5 – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Riau akan menyelenggarakan kegiatan Pra Muswil VII dialog interaktif dan launching program kampung iklim (prokilm) di Kelurahan Agro Wisata, Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru. Kegiatan ini kan dihadiri Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII KH.Chriswanto Santoso  bersama Komisi V DPR-RI Efendi Sianipar sebagai pemerhati lingkungan dan pertanian beserta Pj. Wali Kota dan Pemko Pekanbaru pada hari Selasa 16/5/2023.

H.Firdaus dan Pj.Walikota Pekanbaru Muflihun selaku pembina Kelurahan Agro Wisata telah berhasil mempromosikan kampung dan kebun percontohan ke daerah/kota lain sebagai  barometer keberhasilan sinergi pemerintah, petani, ormas dan masyarakat. Tokoh masyarakat yang menjabat Ketua Rukun Warga (RW) 05 Agrowisata Awaldi Hasibuan yang pernah mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2015 sebagai penyuluh pertanian swadaya teladan tingkat nasional yang juga sebagai warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Riau memaparkan bahwa petani, masyarakat  RW.05 Kelurahan Agro Wisata telah berhasil membentuk Kampung Tangguh sesuai program pemerintah yang sejalan 8 klaster pembangunan LDII untuk bangsa.

Delapan klaster pembangunan LDII untuk bangsa yakni klaster wawasan kebangsaan, klaster keagamaan, klaster pendidikan, klaster ekonomi syariah, klaster kesehatan dan herbal, klaster ketahanan pangan dan lingkungan hidup, klaster energi terbarukan dan klaster teknologi digital. Keberhasilan masyarakat RW. 05 antara lain Seperti Kampung Tangguh Nusantara yang telah berhasil produksi pangan serta membina 20 UMKM, petani, peternak kambing dan kolam ikan yang diresmikan oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H Nandang Mu’min Wijaya.

Kampung Tangguh Kesehatan  RW.05 berhasil menerapkan gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, dengan cara menerapkan kampung bebas asap rokok di mulai dari rumah dan ruang publik, bahkan RT.05 RW.05 tidak ada warganya yang merokok. Kelurahan Agrowisata juga dikenal sebagai kelurahan tangguh pendidikan, DPW LDII Riau melalui Yayasan Amal Mulya Boarding School mendirikan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) dengan swadaya masyarakat. Tangguh Keamanan juga telah terwujud dengan MOU Nota Kesepahaman No. 02./MOU/DPP-LDII/IX/2022 bersama Sentra Komunikasi (Senkom) mitra Polri No. KEP-110/PP.SK-MP/IX/2022 yang terbentuk dari kesadaran dan swadaya masyarakat dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Menjelang Muswil ke-VII DPW LDII Riau yang bertema “ Membangun SDM Profesional Relegius untuk Riau Bersatu di Bumi Lancang Kuning” akan melaksanakan Pra Muswil di kelurahan teladan untuk membentuk kampung iklim yang akan di hadiri oleh Ketua Umum LDII KH. Chriswanto Santoso.

Ketua Umum akan diagendakan mengisi dialog interaktif  program kampung iklim serta melaunching Proklim di RW.05 Kelurahan Agro Wisata. Ketua DPW LDII Imam Suprayogi masa baktinya 2018-2023, menjelaskan bahwa Pra Muswil VII dilaksanakan sebagai wujud pelaksanaan Amanah Rakernas LDII Tahun 2018 “Penyebarluasan  dan Pembumian Delapan Klaster Pengabdian Kontributif LDII Untuk Bangsa”, dan menindak lanjuti tehadap “Pidato Presiden pada acara UN Climate Change Conference UK 2021 menegaskan terjadinya  ancaman Terhadap Perubahan Iklim”.

 

Program kampung iklim jalan Sri Kurnia RW. 05 Kelurahan Agro Wisata Rumbai Barat merupakan kontribusi DPW LDII  Riau untuk menindaklanjuti surat dari  Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK – RI,  No. S.47/PPI/API.0/1/2023 Tentang Penyelenggaraan Program Kampung Iklim Tahun 2023. DPW LDII Riau mendukung sepenuhnya peraturan Gubernur Riau No. 9 Tahun 2021 tentang Riau Hijau. Pra Muswil VII DPW LDII Riau juga sebagai pencapayan kerja pengurus masa bakti 2018 -2023 dalam berkontribusi untuk Riau dengan mendukung Visi Misi Pemerintah Provinsi Riau yaitu terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis.

 

 

Oleh: S04TES_Riau.10a_081371465145 Urif de Kentes (contributor) / rully kuswahyudi (editor)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pengurus LDII Bangko Silaturahim ke Polsek

Merangin (20/6). Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, PC LDII Kota Bangko Kab.Merangin melakukan silaturahim ke Polsek Kota Bangko Kab. Merangin. Kunjungan Ketua PC LDII Kota