LDII Kalsel Gelar Webinar Kewirausahaan dan Digital Marketing

Share to :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Kalimantan Selatan (21/12) – Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Kalimantan Selatan, mengadakan Webinar Kewirausahaan bagi pengusaha dan generasi muda LDII Se Kalimantan Selatan.

Acara ini dilaterbelakangi adanya masa pandemi saat ini, dimana tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan. Lapangan kerja semakin terbatas, sementara pencari kerja semakin meningkat.

Di sisi lain, dunia usaha juga berubah dari konvensional ke sistem digital. “Melihat situasi saat ini, maka DPW LDII Kalsel berinisiatif menyelenggarakan acara webinar kewirausahaan. Acara ini menghadirkan dua narasumber pakar wirausaha nasional, yaitu Arie Wibisono, MBA, dan Wira Pradana, ST. Keduanya memilliki beberapa perusahaan baik di bidang keuangan, property, perkebunan, digital, dll,” kata H Dedi Supriatna, Ketua DPW LDII Kalsel.

 

Sementara Ketua DPP LDII, Dr. H Ardito Bhinadi dalam sambutannya mengatakan “Bahwa dalam berwirausaha, syarat utama adalah berwirausaha yang halal dan sesuai syariah. Karena bisnis tidak cukup hanya dengan suskes secara finansial saja, namun juga harus berkah berlandaskan nilai-nilai agama”.

“Dengan berwirausaha, maka akan memiliki kemandirian finansial, dan bisa membuka lapangan pekerjaan sehingga turut membantu pemerintah mengurangi pengangguran”, lanjutnya.

Acara Webinar Kewirausahaan dan Digital Marketing ini terdiri dari dua sesi materi. Materi pertama tentang dasar-dasar kewirausahaan yang disampaikan oleh Arie Wibisono, MBA. Arie menyampaikan bahwa pondasi utama menjadi wirausaha adalah harus memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi wirausaha, percaya diri, berani mengambil risiko, bisa menghitung risiko, dan segera take action memulai suatu usaha. Karena usaha yang benar itu segera dilakukan sambil terus belajar, bukan hanya direncanakan tapi tanpa eksekusi.

Materi kedua yaitu tentang Digital Merketing yang disampaikan oleh entrepreneur muda di bidang digital merketing, Wira Pradana, ST. Wira merupakan alumnus ITB, memulai menjadi entrepreneur sejak kuliah semester 5. Peraih rekor MURI pembuatan web terbanyak dan tercepat serta peraih “The Winner Indonesian Award 2012”.

Wira membagikan tips digital marketing bagi peserta pelatihan. Wira mengatakan bahwa dewasa ini, hampir semua bidang usaha mau tidak mau harus menggunakan digital merketing agar survive. Wira juga merupakan pendiri marketplace pikub.com yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk memasarkan berbagai produknya. Dengan digital merketing, siapa saja bisa berjualan meskipun tidak punya toko. Bisa menjual kapan saja dan dari mana saja secara online.

“Acara dilaksanakan dari pagi sampai siang, diikuti hampir 181 peserta yang terdiri dari wirausahawan dan generasi muda LDII se-Kalsel. Juga diikuti oleh pengurus 10 DPD LDII Kabupaten/Kota LDII se-Kalsel. Alhamdulilah seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir”, kata Ketua Penitia Anton Kuswoyo. “Semoga setelah mengikuti webinar kewirausahaan dan digital marketing, akan muncul pengusaha-pengusaha baru di Kalimatan Selatan,” pungkas Anton. (*)

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram