LDII Sumatera Barat Ikuti Pelatihan Digital Marketing bersama Pikub.com

Share to :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Pikub.com menggelar kegiatan pelatihan digital marketing, yang dilaksanakan secara daring malalui zoom meeting pada Sabtu, 26 September 2020.

Di tengah era pandemi Covid-19, antusias warga LDII dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 300 peserta yang terdiri atas generasi muda LDII, pengurus Dewan Pimpinan Daerah LDII dari kota dan kabupaten se-Sumatera Barat dan peserta mandiri dari luar provinsi Sumatera Barat

Pelatihan digital yang dimoderatori oleh DPW LDII Sumatera Barat tersebut, menghadirkan narasumber pebisnis bidang IT berpenghasilan Rp 500 juta per bulan, yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat LDII bidang ekonomi pemberdayaan masyarakat, Wira Pradana dan narasumber pebisnis lulusan STAN dan Melbourne Business School Australia, Arie Wibisono.

Arie menjelaskan, pengusaha harus dapat mengambil resiko yang diperhitungkan dalam bidang yang mereka ketahui dan kelebihan yang mereka miliki untuk keberhasilannya dan kunci sukses menjadi pengusaha itu ada 3 yaitu pikiran, keterampilan dan pengetahuan. Memunculkan pikiran terus berusaha agar usaha kita makin berkembang dengan meningkatkan keterampilan cara berdagang yang baik dan menarik serta mengetahui pasar yang kita jangkau itu tepat sasaran, contohnya berjualan accessories sepeda motor tapi kita pasarkan kepada mereka yang bersepeda, itu kurang tepat.

Dalam menjalankan bisnis digital marketing itu agar sukses itu harus bergerak dengan team yang mana team itu sendiri terdiri dari 3 unsur yaitu hacker, hustler dan hipster. Hacker maksudnya mengetahui dan menguasai barang yang kita jual agar ketika konsumen bertanya tentang barang kita bisa menjawab dan menguasai penuh pengetahuan kita akan perkembangan terbaru dari barang yang kita jual. Hustler maksudnya kita mengetahui pasar yang kita jangkau, bisa menetapkan sasaran yang tepat agar usaha yang kita jalan kan berkembang dengan baik. Hipster maksudnya ilmu meyakinkan pembeli akan barang yang kita jual dengan betul-betul berkualitas, dijamin baik dengan mengedepankan prinsip jual beli yang jujur dan amanah.

Selanjutnya, Wira memberikan gambaran akan keadaan sekarang akan ekonomi dunia yang anjlok di masa pandemi, bahkan Indonesia merasakan beratnya. Sector yang masih bertahan yaitu digital karna di tengah pandemi ini transaksi online justru meningkat dengan pesat. Salah satunya ialah Pikub.com yang menjadi wadah atau etalase online produk warga LDII sendiri. Pikub.com menampung UKM yang mempromosikan produk atau jasanya secara online dan mempublikasikannya.
“Syarat sukses dalam digital marketing salah satunya ialah konten yang berkualitas, memiliki clear benefit, trust factor dan memilih audiens yang tepat.” ungkap Wira.

Ketua DPW LDII Provinsi Sumatera Barat, M. Ari Sultoni mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program kerja DPP LDII dan juga sebagai upaya mewadahi warga LDII yang memiliki usaha terkhususnya di wilayah Sumatera Barat.

Penjabat Ketua Umum DPP LDII Chriswanto Santoso juga mengatakan, kegiatan ini menindaklanjuti lokakarya digital nasional yang digaungkan pemerintahan RI dan harapannya, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan minat warga LDII untuk memanfaatkan teknologi dan perkembangan trend kekinian sebagai media untuk mensejahterakan diri.
Dengan maraknya jual beli secara online, diharapkan generasi muda LDII bisa menjalankan online digital marketing secara syariah, baik syariah dalam transaksinya maupun akad pembayarannya, agar terjadi transaksi yang halal dan saling menguntungkan.

Diketahui, kegiatan pelatihan digital marketing bersama Wira Pradana, digelar se-Indonesia dengan penjadwalan bergilir di beberapa DPW LDII tingkat provinsi se-Indonesia.

Pewarta: Arifal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram