LDII SUMBAR, SIAPKAN GENERASI MUDA UNTUK E-DAKWAH

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Internet merupakan sarana yang paling efektif yang dapat digunakan oleh kebanyakan orang dalam menyampaikan informasi. Berbagai informasi banyak kita jumpai di dunia maya. Salah satunya adalah informasi mengenai al-Qur’an dan Al-Hadist. Fenomena ini dimanfaatkan oleh LDII Sumbar untuk memberikan informasi mengenai al-Qur’an dan Al-Hadist kepada masyarakat luas. Salah satu wujud nyata yang dilakukan LDII adalah melatih para generasi mudannya untuk dapat memanfaatkan dunia maya secara positif. Dengan mengusung konsep Green Dakwah LDII melakukan pelatihan jurnalistik dan ICT dengan tema Sebuah Pelatihan Menulis dan Publikasi Bagi Para Generasi Kreatif”.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 7 Ferbruari 2016 s/d 8 Februari 2016 dan diikuti oleh sekitar ±50 orang peserta yang merupakan perwakilan dari tujuh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LDII Kab./Kota yang ada di Sumbar yaitu Kab. Pasaman Barat, Kab. Agam, Kota Padang Panjang, Kab. Tanah Datar, Kab. 50Kota, Kota Payakumbuh dan Kota Bukittiggi. Kegiatan ini diadakan di gedung serba guna Al-Hikmah di Komplek Madina,Payakumbuh.

Kegiatan ini merupakan pelatihan yang kedua kalinya mengenai program jurnalistik dan fotografi yang merupakan bentuk keseriusan dan ketertarikan LDII dalam upaya dakwah di dunia maya. Misi yang ditergetkan nantinya para generasi muda LDII dapat berdakwah secara sehat melalui internet, sebagai pelopor gerakan internet sehat dan sebagai penghasilan tambahan bagi mereka yang mempunyai skill dan potensi dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pelatihan ini secara resmi dibuka oleh Wanhat DPW LDII Sumatera Barat, Drs. H Masirin. “Saya sangat mendukung pelatihan jurnalistk ini karena memang sekarang para remaja lebih familiar dengan dunia maya/ intenet. Harapannya para remaja bisa menyalurkan aspirasi dan keahliannya dalam menulis. Selain itu juga nantinya keahlian ini bisa digunakan untuk hal yang positif sebagai ladang usaha dari segi ekonomi dan ladang amarmakruf nahi mungkar dalam agama”.Ujar Masirin.

“Pelatihan ini tujuannya untuk menggali potensi dan melatih skill menulis pemuda -pemudi yang nanti nya bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan bakatnya terutama di dunia fotografi dan jurnalistik. Progres kedepan nantinya website LDII yang ada di Kab./Kota dapat kembali dikelola secara aktif dan sebaik mungkin”. Ujar Dede Gunandi sebagai ketua panitia pelaksana acara.

Agung Novrianto, S.E selaku pemred ICT DPW LDII Sumbar menyampaikan materi seputar jurnalistik dan fotografi. “suatu berita harus mengandung unsur 5w+1h, What (apa yang terjadi), Where (dmana terjadinya), When (kapan kejadian itu terjadi), Who (siapa yang terlibat), Why (kenapa bisa terjadi) dan How (bagaiman itu bisa terjadi). Gambar /foto dan berita juga harus memiliki nilai- nilai yang sangat penting, yaitu :cepat, nyata, penting dan menarik. Foto merupakan bukti nyata suatu kejadian, sehingga sangat penting dicantumkan pada suatu berita. Yang terpnting dari seorang jurnalis yaitu harus mengetahui teknis pembuatan informasi atau berita”. Ujar Agung.

Selanjutnya materi Editing Foto disampaikan oleh Ust. Gani Nurhakim dan materi Pengenalan Aplikasi Berbasis Web yang disampaikan oleh Agus Riyadi S.Kom. Menurut Gani, materi ini intinya kita harus menguasai penggunaan (pemakaian tool) aplikasi editing foto seperti Photoshop dan CorelDraw. Disamping itu juga kita harus memikirkan konsep dari gambar /logo/spanduk yang akan dibuat

“Dengan kemahiran dalam penguasaaan aplikasi berbasis web nantinya kita bisa mengeksplor dan mengshare bakat yang kita miliki ke dunia maya dan juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari sana”. Ungkap Agus yang pernah memiliki penghasilan ribuan dolar dari webnya. (fka)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pengurus LDII Bangko Silaturahim ke Polsek

Merangin (20/6). Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, PC LDII Kota Bangko Kab.Merangin melakukan silaturahim ke Polsek Kota Bangko Kab. Merangin. Kunjungan Ketua PC LDII Kota