Perkuat Ukhuwah Islamiah, Kanwil Kemenag Sumbar Apresiasi Peran LDII

Share to :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Padang (22/3). Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Barat mengapresiasi kinerja dan program DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumatera Barat dalam memperkuat ukhuwuah islamiah di daerah tersebut.

Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat Hendri menjamu Ketua DPW LDII Sumbar M Ari Sultoni, Sekretaris Mario Sofia Nasution, Wakil Ketua Bustari Badal dan M Shodiqin serta Ketua Biro KIM M Abdillah di Kantor Wilayah Kemenag Sumbar pada Senin (22/3/21).

Hendri berpendapat program yang sudah dijalankan LDII di Sumatera Barat sudah berjalan baik mulai di tingkat provinsi hingga kota dan kabupaten.

Menurutnya pentingnya menjaga keutuhan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menjadi penengah dalam umat. Ia menjelaskan visi Kemenag adalah profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

“Dalam mewujudkan hal itu kita akan melibatkan LDII membina masyarakat menuju masyarakat yang saleh, moderat dan cerdas,” kata dia.

Sementara itu, Ketua DPW LDII Sumatera Barat M Ari Sultoni menyampaikan para mubaligh-mubalighot LDII sudah turun ke masyarakat memberikan dakwah yang menyejukkan dan mengajak pada persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita sudah bekerja sama dengan Polda Sumbar membina para dai menjadi dai Kamtibmas,” katanya.

Ia juga mengatakan LDII Sumbar siap bekerja sama dengan Kemenag Sumbar di berbagai bidang untuk pengembangan ummat.

“Kita juga siap menyukseskan program sertifikasi dai,” kata dia.

Ia juga menyampaikan DPP LDII akan menggelar Munas IX yang akan digelar pada 7-9 April 2021 di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin Jakarta.

“Kegitan ini hanya dihadiri Ketua DPW se-Indonesia dan selainnya mengikuti secara daring,” kata dia.

Kegiatan tersebut rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo serta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menpakraft Sandiaga Uno akan menjadi pemateri webinar dalam sesi Munas tersebut.

“Munas ini juga merupakan ajang menetapkan Ketua Umum baru selepas Ketum sebelumnya Prof Abdullah Syam wafat dan digantikan Pj Ketum Chriswanto Santoso,” kata dia.

Sebelum Munas IX LDII, ada agenda Pra Munas antara lain dengan diselenggarakan beberapa webinar oleh DPP LDII sebagai bagian dari penggalian masukan dan materi untuk Munas.

“Mulai dari Webinar Kebangsaan, Ketahanan Keluarga, Ekonomi Syariah, Ketahanan dan Kemandirian Pangan, serta Kedaruratan Kesehatan terkait pandemi Covid-19,” kata dia.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram