Seabad NU Jadi Inspirasi LDII Menuju Masyarakat Berkualitas

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Ketua DPD LDII Kabupaten Bantul Nanang Dwi Antoro (kedua dari kiri) bersama Ketua PC NU Kabupaten Bantul H. Damanhuri (ketiga dari kiri) didampingi jajaran pengurus DPD LDII Kabupaten Bantul. 

Bantul (9/2). Nahdlatul Ulama (NU) mengusung tema “Merawat Jagat, Membangun Peradaban” untuk peringatan satu abad NU. Artinya, satu abad NU untuk merawat jagat, abad kedua didedikasikan untuk membangun peradaban masyarakat.

Terkait seabad NU, Ketua DPD LDII Kabupaten Bantul, Nanang Dwi Antoro, mengucapkan selamat atas kiprah NU selama seabad, yang puncak perayaannya digelar pada 7 Februari 2023.  “Eksistensi NU telah banyak dirasakan oleh masyarakat, bangsa dan negara, termasuk di Kabupaten Bantul,” ujarnya.

Ia menambahkan, Bupati Bantul saat ini, H. Abdul Halim Muslih merupakan tokoh besar NU, demikian juga beberapa tokoh di pemerintahan maupun tokoh masyarakat lainnya. Ini menandakan bahwa sistem pembinaan dan kaderisasi di lingkungan NU berjalan dengan baik, sehingga mampu melahirkan tokoh-tokoh yang memiliki peran penting di masyarakat, bangsa dan negara.

“Kami menganggap NU sebagai saudara tua kami (LDII), sehingga kami perlu belajar banyak dari NU seperti di bidang pendidikan, pengelolaan pondok pesantren, kesehatan, ekonomi dan sosial,” tutur Nanang.

Jika mencermati sejarah, ormas Islam yang resmi berdiri pada 31 Januari 1926 di Kota Surabaya. NU juga berjasa dalam perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. Seperti contoh, KH. Hasyim Asy’ari bersama santri-santrinya aktif dalam pergerakan mengusir penjajah Belanda dan Jepang yang dikenal dengan Resolusi Jihad.

“Gerakan perjuangan NU bisa dijadikan teladan oleh ormas lainnya yaitu dengan tetap menjaga kultur budaya bangsa, membangun takzim kepada yang lebih tua dan menjaga toleransi umat beragama, sehingga terwujud rasa toleransi bangsa yang harmoni,” kata Nanang.

LDII yang tergolong ormas Islam muda di Indonesia ini masih perlu banyak belajar dari saudara tua ormas lain termasuk NU. Menurut Nanang, banyak program kerja yang dapat disinergikan, terutama yang tertuang dalam program “8 Pengabdian LDII untuk Bangsa”.

“Kami berharap, NU dan LDII bisa terus bersinergi membimbing umat demi kemaslahatan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Bantul,” ucapnya.

Oleh: Uyun Kusuma (contributor) / Fachrizal Wicaksono (editor)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pengurus LDII Bangko Silaturahim ke Polsek

Merangin (20/6). Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, PC LDII Kota Bangko Kab.Merangin melakukan silaturahim ke Polsek Kota Bangko Kab. Merangin. Kunjungan Ketua PC LDII Kota