Warnai HPSN, DLH Palangka Raya Bersama LDII dan Komunitas Lakukan Aksi Pungut Sampah

Share to :
Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Palangka Raya (1/3). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya bersama LDII Kota Palangka Raya dan komunitas lingkungan melakukan aksi pungut sampah di Taman Isen Mulang Palangka Raya. Aksi dengan jargon Hayak Marasih Lewu (Hamalew) tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Palangka Raya.

“Ini kegiatan bersama rangkaian dari HPSN,” kata Kepala DLH Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang PSLB3, Teguh Jaya Permana usai kegiatan pungut sampah, Jumat, (24/2). Ia menyampaikan ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilakukan dalam peringatan HPSN mulai dari gerakan Kamis menabung sampah, aksi pungut sampah, termasuk kegiatan budidaya mogot dan pengomposan.

Selain itu, ada kegiatan lain dalam rangka pengurangan penggunaan plastik seperti sosialisasi serta pembagian tas bakul anyaman rotan serta tas pakai ulang. “Palangka Raya juga sudah ada Perda nomor 3 tahun 2022 terkait pembatasan penggunaan kantong plastik. Ini kami sosialisasikan pasar modern, mengganti kantong plastik dengan tas belanja yang bisa dipakai ulang,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD LDII Kota Palangka Raya, Rudy Totok Purnomo menyampaikan keikutsertaan DPD LDII termasuk salah satu dari delapan bagian Pengabdian LDII untuk Bangsa. Mulai dari wawasan kebangsaan, dakwah islam, pendidikan umum, ekonomi syariah, pertanian dan lingkungan hidup, informasi dan teknologi, kesehatan dan pengobatan herbal, serta energi baru terbarukan.

“Artinya selain kewajiban pokok LDII untuk Dakwah tetapi juga melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum,” tuturnya. Ia menyampaikan LDII telah melaksanakan beberapa kegiatan sosial lainnya seperti kerja bakti kebersihan lingkungan bersama masyarakat sekitar, Kamtibmas, donor darah, sunat massal dan lain-lain.

“Ini sebenarnya sudah menjadi kegiatan rutin LDII di seluruh Indonesia, termasuk LDII di wilayah Kota Palangka Raya khususnya,” ungkapnya. Rudy menyampaikan dalam rangkaian HPSN ada 17 orang personil yang ikut andil bersama dengan dinas dan komunitas peduli lingkungan. “Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berlanjut di kemudian hari. Insya Alloh kami siap jika dari pihak DLH Kota Palangka Raya mengajak untuk MoU bersama DPD LDII Kota Palangka Raya di bidang lingkungan hidup,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/R)

Oleh: Rully Sapujagad (contributor) / Noni Mudjiani (editor)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Pengurus LDII Bangko Silaturahim ke Polsek

Merangin (20/6). Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, PC LDII Kota Bangko Kab.Merangin melakukan silaturahim ke Polsek Kota Bangko Kab. Merangin. Kunjungan Ketua PC LDII Kota